ukaclp.blogspot.com

Halaman

Jumat, 02 Mei 2008

Pencipta WWW: Jaringan Internet Masih 'Kanak-kanak'

Swiss - Tingkat perkembangan jaringan internet World Wide Web (www) ibaratnya masih dalam tahap kanak-kanak. Demikianlah dikemukakan penemu 'www' yang asal Inggris, Sir Tim Berners-Lee.

Ia mengemukakan pendapat ini di CERN, lembaga ilmiah Eropa di mana dulu dia menyusun sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan dan menjelajah dunia maya di komputer dalam label 'www'. Berners-Lee mengatakannya berkenaan peringatan 15 tahun kode web dimasukkan ke domain publik.

Menurut Berners-Lee, jaringan web yang dimulai awal tahun 1990-an ini masih bisa berkembang jauh ke arah di luar imajinasi manusia. Namun tentunya di atas semuanya, jaringan web harus dipakai untuk tujuan kebaikan.

"Web menjadi media untuk melakukan banyak kebaikan meskipun Anda juga bisa menemukan keburukan di sana," ungkap Berners-Lee seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (2/5/2008).

Adapun menurut data biro penelitian internet Netcraft, terdapat 165 juta website yang berbeda di seluruh dunia pada saat ini. Berners-Lee pun optimis dengan masa depan web.

"Kolaborasi internasional terus berlanjut. Kita baru saja mememulai eksplorasi tentang kemungkinan apa saja yang bisa dilakukan (via web-red)," tambah Berners-Lee.

Menurut Berners-Lee, orang-orang telah memanfaatkan jaringan web internet antara lain untuk membuat sistem sosial baru dan sistem pemerintahan baru. Ia pun berharap hal itu menciptakan kerja sama yang efektif untuk mengatur manusia sebagai sebuah kesatuan dalam planet bumi.

disadur dari:
www.detikinet.com

Tidak ada komentar: