ukaclp.blogspot.com

Halaman

Selasa, 11 Maret 2008

Kebakaran di Pertamina UP IV Cilacap 3 Tewas

CILACAP – Musibah kecelakaan kerja berupa kebakaran terjadi di dalam area Kilang Pertamina Unit Pengolahan (UP) IV FOC I, pada Minggu (9/3) pagi sekitar pukul 08.15 WIB yang menyebabkan dua orang meninggal dunia, dua orang lainnya menderita luka bakar.

Kabag Humas Pertamina UP IV Cilacap, Daryono kepada wartawan mengatakan, musibah tersebut terjadi saat melakukan pemeliharaan rutin pada Fin Fan Cooller (alat pendingin) yang tengah dilakukan oleh kontraktor CV. Jaya Berdikari.

‘’Kejadian tersebut berlangsung sangat cepat dan langsung dapat ditangani, api menyala sekitar delapan menit,’’ katanya.

Akibat kejadian tersebut, lanjut Daryono, 4 karyawan CV. Jaya Berdikari mengalami luka bakar, Tiga diantaranya meninggal dunia yakni Darto warga Tambakreja, Basiran warga Karang Talun,Danes Leornard warga Jalan Gatot Subroto, Sidanegara.

Daryono menyebutkan, Darto meninggal ditempat kejadian, sedangkan Basiran meninggal sekitar pukul 13.15 WIB saat hendak diberangkatkan ke RSPP Jakarta karena mengalami luka bakar 100 persen dan Danes juga meninggal saat dalam perjalanan menuju RSPP Jakarta. Sementara dua korban lainnya yang mengalami luka bakar yakni . Sedangkan Untung, warga Jalan Rinjani, Sidanegara hanya mengalami luka bakar sekitar 18 persen dan mendapat perawatan di ICU RSPC.

Daryono menegaskan, kejadian tersebut langsung ditangani oleh pihak berwajib untuk melakukan identifikasi. ‘’Polres Cilacap datang ke TKP bersama dengan Tim Laboratorium Forensik dari Semarang,’’ tandasnya sambil memberitahu kepada wartawan bahwa TKP belum dapat dimasuki diambil gambarnya.

Kapolres Cilacap AKBP W Wira Wijaya menyatakan bahwa pemeriksaan awal sudah dilakukan oleh Polres Cilacap yang bekerjasama dengan tim Laboratorium dan Forensik (Labfor) Cabang Semarang.

‘’Pemeriksaan awal sudah kita lakukan dan saat ini kesimpulan sementara bahwa musibah ini adalah murni kecelakaan tidak ada unsur sabotase atau kesengajaan,’’ ujar Wira saat jumpa pers di ruang rapat kantor Pertamina UP IV, Senin (10/3).

Namun demikian, lanjut Wira, pihaknya terus menyelidiki penyebab kebakaran yang mengakibatkan tewasnya tiga orang pekerja tersebut.

‘’Kita akan terus menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina. Pemeriksaan awal sudah kita lakukan, dan kita saat ini sudah memasuki tahap pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang juga menjadi korban dalam kejadian tersebut,’’ tegasnya.

Wira berharap kejadian ini menjadi pelajaran dan pihaknya meminta kepada pihak Pertamina untuk memperbaiki cara yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan perbaikan di dalam kilang serta meningkatkan keamanan kerja sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi.

dikutip dari : Cilacapmedia.com

Tidak ada komentar: