ukaclp.blogspot.com

Halaman

Rabu, 19 November 2008

Longsor Terjang Dayeuhluhur

CILACAP- Hujan deras yang mengguyur wilayah Cilacap barat, Minggu (16/11) lalu, telah menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Dayeuhluhur.

Bencana tersebut terjadi empat desa yaitu Desa Dayeuhluhur, Ciwalen, Bingkeng dan Desa Datar. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, dan Satlak Penanggulangan Bencana AlamSalak Penanggulangan Bencana Alam masih menghitung kerugian materiil.

Kepala Badan Kesbanglinmas Cilacap, Drs H Yayan Rusyawan Effendi MM, selaku Sekretaris Pelaksana Harian Satlak PBA, Selasa (18/11), mengatakan, banjir di Desa Dayeuhluhur menyebabkan lima rumah warga tergenang dan satu buah warung roboh.

Sedangkan bencana di Desa Datar menyebabkan, talut rumah milik Turmin seluas 132 m2 ambrol. Saluran irigasi Ciawitali dadal sepanjang 35 meter. Begitu bendung Ciawitali sepanjang lima meter juga dadal diterjang banjir.

’’Di Desa Ciwalen, dua rumah warga terendam lumpur. Bongkahan tanah yang longsor terbawa air dan masuk ke dalam rumah tersebut. Di desa tersebut juga ada tanggul Sungai Cidatar yang dadal sepanjang delapan meter,’’ kata Yayan.

Di Desa Bingkeng, hujan deras menyebabkan tanah longsor. Bongkah tanah yang ambrol menutup jalan desa. Volume tanah yang melorot dari dinding tebing di pinggir jalan tersebut sekitar 30 m3.(ag-74) 


 


dikutip dari : suaramerdeka.com

Tidak ada komentar: